Berita Dan Informasi Arti Tafsir Mimpi Sejarah Cara Band Rock Metal Album Musisi Chord Kunci Gitar Artis Indonesia Kesehatan Alami Primbon Ramalan Zodiak

Sejarah Dan Wisata Trawas Yang Paling Populer

Trawas adalah sebuah kecamatan yang terbagi menjadi 13 desa dan 29 dusun mempunyai segudang wisata di apit oleh gunung welirang dan gunung penanggungan luas wilayah mencapai 29,4 km² dengan ketinggian rata-rata 700 meter di atas permukaan laut.

jumlah penduduk di trawas sekitar 14 ribu jiwa yang sebagian besar warganya bermata pencaharian petani kebun, pegawai, karyawan swasta dan banyak lagi.

13 Desa Di Trawas Sebagai Berikut :



  1. Desa Belik
  2. Desa Duyung
  3. Desa Jatijejer
  4. Desa Kedungudi
  5. Desa Kesiman
  6. Desa Ketapanrame
  7. Desa Penanggungan
  8. Desa Seloliman
  9. Desa Selotapak
  10. Desa Sugeng
  11. Desa Sukosari
  12. Desa Tamiajeng
  13. Desa Trawas


Di setiap desa mempunyai beragam wisata dan tradisi trawas yang masih kental terjaga dari nenek moyang, bahkan setiap malam jumat pasti warga desa berduyun ke masjid atau musollah untuk mengadakan kenduren " bancaan " untuk mendoakan arwah para leluhur yang sudah almarhum.

Banyak orang mengatakan trawas adalah surganya sejarah yang berkaitan dengan kerajaan mojopait yang terkenal dengan patih gajahmada yang mampu menyatukan nusantara pada waktu itu.

Trawas atau istilah jawanya adalah Trae Wong Lawas ( tempatnya orang orang lama ) atau tempat berkumpulnya orang - orang jaman dahulu.

Sekilas Sejarah Desa Trawas

Sejarah Desa Trawas memang tidak diketahui secara jelas dan mendetail, ini disebabkan karena pada era zaman Belanda, Kuburan orang yang membabat Desa Trawas yang terletak di Sumber Macan itu telah dikuasai oleh Belanda sehingga penduduk Trawas tidak boleh untuk datang ke sana.

Alhasil warga Trawas sendiri tidak mengetahui asal-usul Trawas, beserta pembabat ( baurekso ) Desa Trawas. Di atas kuburan itu kolinial Belanda membuat kincir air yang dialirkan ke Villa orang Belanda yang dulu terletak di tengah-tengah Lapangan Trawas.

Baca Juga : Arti Mimpi Melihat Ular Yang Mati Belum Banyak Orang Tahu

Rekomemdasi wisata Trawas Sesuai Urutan Perjalanan
Karena lokasi trawas 700 meter di atas permukaan laut tentu saja wisata trawas sangat banyak udaranya sangat sejuk pada siang sampe sore hari.

apa lagi pada waktu malam hari pasti waaah dingin banget pemandangannya pun sangat asri dan enak untuk di lihat dengan mata telanjang rekomendasi kalo ke wisata trawas pada malam hari di wajibkan untuk membawa jaket dobel yah.

Berikut ini daftar wisata trawas yang wajib untuk di jelajahi :


1. Taman Ghanjaran adalah Gahnjaran menurut bahasa indoneisa artinya pahala, tempat wisata yang sedang hits di daerah trawas dan paling baru lokasinya di desa ketapan rame kecamatan trawas. untuk transpotnya startegis mudah untuk di jangkau dari arah pandaan tretes kalo dari arah timur sedangkan dari arah barat bisa di jangkau dari krian dan mojoasi pacet dan sekitarnya.

Ada banyak permainan yang di sediakan oleh pihak penggelola misal spot untuk foto, Biang lala, mobil mini, Odong odong, scooter, motor mini , mainan kuda kudaan untuk anak anak kecil, playground, perahu naga, ATV dan masih banyak lagi.

bahkan hiburan musik pun juga ada yang di iringi oleh  Band Al ikhlas Reborn yang di gawangi oleh para pemuda Tamiajeng tentunya lead gitar di isi oleh nama Mohammad ulun nuha ( doyok ) dia adalah gitaris dari mel shandy and sexy rock yang siap menghibur penggunjung taman ghanjaran.

Baca Juga : Primbon Atau Arti Mimpi Ular Dan Mitos Mimpi

Untuk harga tiket ( ticket ) masuk ke taman ghanjaran di kenakan tarif parkir sepeda motor Rp 2000 dan untuk mobil Rp, 5000, wisata taman ghanjaran di trawas ini di buka 24 non stop lhoo !!

2. Bumi Perkemahan air terjun Ndlundung trawas nama ini tak asing lagi bagi para orang orang jawa timur khususnya, siapa sih yang ngak tau wisata ini, lokasinya yang berdekatan dengan taman ghanjaran ini yang menyuguhkan ke asrian alam.

di sini kita bisa flying fox bermalam mendirikan tenda dan tentunya bisa langsung mandi di air terjun ndeluntung so pasti airnya yang sangat dingin banget ada yang baru di tempat ini yaitu wisata kelinci.

untuk biaya masuk ke air terjun ndelundung trawas sekitaran Rp,10,000 per orang dan untuk parkiran sepeda motor Rp 2000 dan untuk mobil Rp, 5000, wisata taman ghanjaran di trawas ini di buka 24 non stop lhoo,

kalo anda beruntung datang kesini bisa di hidur oleh para musisi musisi trawas yang sedang konser di sana.

3. Grand Whiz trawas adalah sebuah penginapan hotel berbintang 3 tempat ini dikelola oleh Intiwhiz, jaringan hotel berstandar internasional. sekaligus cafe yang tersembunyi karena tempatnya yang agak masuk dari jalan raya.

tetapi jangan kwatir pemandangan yang di suguhkan ini sangat amat bagus banyak artis indonesia yang mampir ke trawas karena hotel itu, Karena Grand Whiz trawas tersedia kamar dengan tipe superior, deluxe, dan suite.

banyak fasilitas ditawarkan oleh Grand Trawas Hotel, seperti makan pagi gratis dengan menu masakan Indonesia, ruang rapat, kolam renang, pujasera festival kuliner tiap akhir pekan, akses Wifi gratis, perawatan pijat dan spa, meja biliar, dan area outbond.

"Ernawati mengatakan Kami adalah satu-satunya hotel di Trawas yang menawarkan fasilitas sport, ada outbound untuk anak-anak, flying fox, fun bike, trampolin, ATV, off road, dan mengendarai kuda,".

Pada Hari Raya Idul Fitri, Grand Hotel Trawas  telah memberikan penawaran yang spesial, yakni Paket Lebaran dengan harga lebih murah sekitar Rp 1.850.000 untuk dua malam, itu sudah termasuk sarapan dan makan malam, snack sore, wifi, outbound untuk anak-anak, flying fox, stand up comedy, serta acara sulap.

4. Duyung Trawas Hill adalah sebuag tempat wisata yang ada di kecamatan trawas khusunya desa Duyung yang berada di lereng gunung penanggungan.

Wisata Duyung Trawas Hill merupakan taman bermain yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Di sini tersedia tempat parkir, kolam renang, area outbound, mini zoo, playground, spot selfie, dan masih banyak lagi yang lainnya. untuk biaya masuk atau tiketnya sebesar Rp,10,000.

5. Fresh Green terletak di Dusun Bantal, Duyung, Trawas, Mojokerto berdekatan dengan duyung trawas hill merupakan obyek wisata yang dibangun di tengah kebun durian atau lebih keren dengan wisata Mendem Duren.

Wisata ini menyuguhkan berbagai macam kuliner dan sejumlah permainan untuk anak anak, ada patung tokoh perwayangan, berkuda, Flying fox, titian tali, low rope, papan goyang dan jembatan gantung. Khusus flying fox dan naik kuda saja yang bayar, dan untuk permainan lainnya gratis.

6. Wisata UTC Trawas atau Ubaya Training Center atau sering orang menyebut dengan singkatan UTC merupakan bagian dari kampus 3 universitas Surabaya. UTC Trawas dijadikan sebagai ruang pembelajaran yang mengedepankan tentang alam sekitar serta pemanfaatannya.

Lokasi Utc ini berada di desa tamiajeng dan berdekatan dengan jalur pendakian gunung penanggungan, sama seperti wisata yang lainya ada berkuda, Flying fox, titian tali, low rope, kolam renang.

7. Gunung Penanggungan adalah gunung pawitra tempat yang suci dan sering orang menyebutnya dengan miniaturnya gunung mahameru yang tingginya 1.653 mdpl. ada banyak candi di lereng gunung ini.

banyak jalur untuk menuju gunung penanggungan ini misal jalur via tamiajeng, jolotundo, kesiman gudang garam dan ngoro, untuk parkir anda di kenakan 10,000 permotor dan untuk pendaftaran 10,000 perorang.

8. PPLH Seloliman Trawas adalah Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) bisa menjadi alternatif liburan keluarga yang menyenangkan. Sesuai namanya, PPLH merupakan wisata edukasi untuk mengenal lingkungan.

Salah satu ilmu yang bisa kamu pelajari adalah cara mengolah sampah di trawas yang benar. Di samping itu, PPLH memberikan fasilitas pendukung, seperti area outbound, penginapan, pusat kuliner, kamar mandi, dan sebagainya.

9. Candi Jolotundo Adalah monumen cinta kasih Raja Udayana untuk menyambut kelahiran anaknya, Prabu Airlangga, yang dibangun 997 M. Sumber lain menyebutkan bahwa candi ini adalah tempat pertapaan Zaman Airlangga yang setelah mengundurkan diri dari singgasana dan digantikan oleh anaknya.

masayakat trawas pada malam 1 Muharam atau 1 Suro yang tepat pada bulan purnama, Candi Jolotundo sesaki pengunjung tapi yang paling populer dikalangan masyarakat setelah suroh mencari hari legi entah itu sabtu legi atau ahad legi.

Pada dasarnya di trawas itu banyak banget candi candi yang bertebaran dan belum banyak ketahui oleh orang banyak.

10. Puncak Trawas Bertempat di Jalan Raya Trawas – Mojokerto. Villa Puncak Trawas dijadikan tempat wisata kawasan villa-villa dengan desain yang indah.

Pengunjung bisa memilih serta bisa juga untuk menyewa villa-villa yang terdapat di kompleks ini. Seperti banyaknya kompleks villa lainnya, Villa Puncak Trawas ini juga terdapat beberapa fasilitas khusus bagi para pengunjung. Seperti halnya kolam renang, taman bermain anak-anak, sampai sarana olahraga seperti berkuda.

Villa Puncak Trawas yaitu “Villa Rusa Trawas”. Villa ini mempunyai 4 kamar tidur yang dilengkapi dengan 10 bed di dalamnya. Ada juga 3 kamar mandi, televisi, serta sebuah dapur yang diisi lengkap.

villa ini menyediakan beberapa fasilitas untuk olahraga. Contohnya lapangan tenis, billiard, serta ada juga kolam renang.  Disini Ada juga sebuah gazebo pada halaman depan untuk anda bersantai sambil menikmati semilirnya udara sejuk Puncak Trawas.

Villa Puncak Trawas punya tarif mulai Rp 2,5 juta tiap malam. Tarif ini terhitung begitu sangat terjangkau, mengingat villa ini dapat diisi sampai 40 orang pengunjung.

Artikel ini di ambil dari berbagai sumber di google
Related Posts

Comentarios:

 
Uso de Cookies: Este portal, al igual que la mayoría de portales en Internet, usa cookies para mejorar la experiencia del usuario. clicking on more information